membahas strategi dalam e-business

                                                 

                                                       STRATEGI DALAM E-BUSINESS








Nama        : windi dwi lestari

NIM          : 11180522

Kelas         : 11.5C.30

Kampus UBSI PONTIANAK


Strategi bisnis adalah penetapan sasaran dan tujuan jangka panjang sebuah perusahaan dan arah tindakan serta alokasi sumber daya yang diperlukan untuk mencapai sasaran dan tujuan tersebut (MIT Press , Cambridge, Ma.)

Strategi bisnis merupakan cara-cara yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan keunggulan persaingan didalam bisnisnya.

Strategi bisnis dapat mencakup ekspansi geografis, diversifikasi , akusisi, pengembangan produk, [enetrasi pasar, pengurangan bisnis, likuidasi dan joint venture.

tingkatan strategi dibagi menjadi:

 - tingkatan korporasi

- tingkatan multidivisi

- tingkatan fungsional

- tingkatan oprasional


Manajemen strategi merupakan proses atau rangkaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh , disertai penetapan cara pelaksanaannya, yang dibuat oleh pimpinan dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran didalam suatu organisasi , untuk mencapai tujuan.

karakter manajemen strategi.

1. berorientasi masa depan.

2. berhubungan dengan unit bisnis yang kompleks.

3. kebutuhan dan kejelasan tugas sangat tinggi seiring perubahan yang terjadi kadang batas batas tugas menjadi tidak jelas.

4. analisis kekuatan

5. mengidentifikasi beberapa pilihan

6. memilih pilihan yang tepat

7. sasaran jangka panjang

8. memperhatikan pentingnya oprasionalisasi

9. sumber daya manusia

10. teknologi

11. bentuk , tipe, dan struktur organisasi

12. menciptakan suatu sistem pengawasan

13. penilaian terhadap sistem

14. menciptakan umpan balik

Strategi perusahaan sangat dipengaruhi oleh strategi bisnis itu sendiri. namun dalam e-business strategi-strategi bisnis tersebut sangat dipengaruhi serta dapat dikembangkan dengan adanya penggunaan dan pemanfaatan IT.


A. Issu-issu penting dalam e-bisnis

    - teknologi hanya memegang peranan lebih kuarng 1/3 bagian saja

    - perusahaan e-bisnis harus memperhatikan 2/3 bagian lainnya, organisasi , sdm, relasi, sistem                  manajerial dan strategi yang akan diterapkan

    - persoalan e bisnis buka sekedar penerapan TI dalam sistem bisnis tradisional tapi juga menggali           strategi.


B. Prilaku konsumen

    1. keinginan terhadap perkembangan atau trend baru 

    2. keinginan untuk melakukan perbandingan 

    3. keinginan untuk meneliti

    4. keinginan untuk menggunakan teknologi dalam memperoleh informasi produk dan melakukan           transaksi secara efektif. 


C. Strategi e-business

       1. Tahapan strategi

            a. perumusan strategi

            b. implementasi strategi

            c. evaluasi dan pengendalian

        2. Tahapan Analisis

             a. tahapan ekstenal terdiri dari:

                - lingkunagn eksternal

                - lingkungan kerja

                - lingkungan sosial

            b. analisis internal terdiri dari :

                - struktur

                - budaya

                - sumber daya


D. pembuatann keputusan konsumen e-business secara perorangan

    1. karakteristik personal

    2. karakteristik lingkungan

    3. sistem kontrol pemasok

    4. keputusan membeli

    5. stimulasi


E. Strategi untuk menghadapi kompetisi

    1. cost leadership strategy

    2. differentiation strategy

    3. focus strategy

    4. growth strategy

    5. alliance strategy

    6. inovation strategy

    7. internal efficiency strategy

    8. costumer oriented strategy


F. Strategi memperkenalkan situs

    1. promosi online

    2. promosi off line 


G. Sensifitas Harga

    1. nilai yang unik

    2. subsitusi

    3. konsumen akan sangat peka terhadap pengeluaran total

    4. penyajian biaya

    5. harga

    6. persediaan produk sangat mempengaruhi elastisitas harga

Komentar